March 3, 2024

Savannastable.com

Savannastable.com

Menikmati Indahnya Pasir Putih dan Birunya Laut Pantai Menganti

3 min read

Pantai Menganti ialah bentangan pasir putih bersatu dengan birunya air laut. Pantai ini dikitari bukit hijau dan tebing alam yang membubung tinggi. Pantai ini berada di Dusun Karangduwur, kecamatan Ayah, Kabupaten Kebumen. Berada lebih kurang 40km dari kecamatan Gombong.

Pantai Menganti dapat di capai dengan kendaraan motor. Agen bola terpercaya Tapi lebih di anjurkan untuk memakai sepeda motor saja, tidak boleh memakai mobil atau bis. Dan sepeda motor yang dipakai juga jika dapat pada kondisi yang sempurna karena medan jalan yang masih sulit di lewati.

Ada 2 jalur yang dapat beberapa penelusur lewati, yang pertama bila beberapa penelusur ada di Gombong, beberapa pnelusur dapat ambil arah ke Puring, belok ke kanan ke arah Pantai Suwuk dan dolanjutkan ke arah pantai Menganti dengan melalui jalan yang cukup melawan karena sarat dengan tingkungan tajam dan tanjakan yang terjal.

Bila beberapa penelusur pilih jalur ini jaraknya cuma 38 km saja. Dan jalur yang ke-2  ini mempunyai jarak yang semakin lebih jauh. jarak yang di perlukan sekitaran 45km sama waktu menempuh sepanjang 1.5 jam. Dari Gombong, beberapa penelusur bisamenuju arah barat ke pantai loegending lalu tentukan lajur naik ke pantai mengantai kebumen.

Tetapi dengan perjalanan sepanjang dan sesusah itu nakal terbayar lunas apabila sudah sampai di Pantai Menganti Kebumen ini. Situs agen bola Dengan bentangan pasir putih yang di padankan dengan birunya air laut dan di kelilingi oleh buki-bukit hijau dan tebing alam yang membubung tinggi akan membuat pera penelusur kagum dan kerasan untuk bermain di lokasi ini.

Selainnya bermain air atau cuma sekedar duduk nikmati panorama alam, beberapa penelusur juga bisa bercampur dengan sehari-harinya beberapa nelayan di tempat yang bersahaja. papah nelayan ini umumnya sekedar duduk di kapal mereka di siang hari, dan akan berlayar saat mendekati malam.

Bila beberapa penelusur ingin panorama yang semakin lebih kece, eksotik, dan mengagumkan, beberapa penelusur dapat naik ke bukit yang ada di segi timur pantai. Di pucuk bukit ini tertdapat mercusuar dengan tinggi 20meter yang di dirikan beberapa Belanda pada tahun 1912-1915. Di lokasi ini beberapa penelusur dapat nikmati semua teritori pantai dengan lekuk-lekuk bukit karang yang menghampar dan di padankan birunya air samudra.

Ohya, ngomong-ngomong bagaimana yah asal mula nama pantai ini hingga dapat di namakan Pantai Menganti?

Jika menurut narasi masyarakat sekitaran pantai ini, tebing alam yang membubung tinggi dahulu kala ada seorang panglima perang dari kerajaan Majapahit yang larikan diri ke pesisir selatan Jawa karena hubungan yang dengan si pacar yang tidak di restui oleh Raja. Dan mereka bermufakat untuk berjumpa du pinggir samudra yang berpasir putih yang cantik.

Selama seharian, si panglima juga terus menunggu si idola hati yang ternyata, si idola hati itu tidak juga datang di bukit kapur. Dan si panglima itu terus menunggu dan menunggu sampai lama. Dan berdasar narasi tersebut asal-usul nama Pantai Menganti.

Bila beberapa penelusur ingin menginap di sini bisa juga memakai tenda-tenda atau sewa atau bermalam di dalam rumah warga. Memang, sarana di pantai ini belum memadahi seperti beberapa pantai yang lain. Karena baru di tahun 2011 pemerintahan dusun di tempat dan Pemerintahan kabupaten membuka untuk umum.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Content is protected !!